Bukan Guru Asal Ngajar !


sumber:Gavamedia.net


Data Buku
Judul buku      : Bukan Guru  Asal Ngajar !
Penulis             : Eko Nurhaji Purnomo
Penerbit           : Gava media
Cetakan           : Pertama
Tahun terbit     : 2012
Jumlah Halaman : viii + 288 Halaman

Buku ini sangat menginspirasi dan patut dibaca oleh para guru.  Saya paling suka membaca bagian terakhir yang berisi kegiatan pembelajaran yang inovatif. Buku ini tidak terlalu tebal sehingga bisa cepat dibaca sampai habis.


 Buku ini bisa dikatakan sebagai resume buku teori pembelajaran dari berbagai buku, tetapi penulis mengemasnya dengan bahasa yang berbeda dan lebih terasa ringan daripada pembaca harus membaca buku teori pembelajaran yang biasanya lumayan tebal dan bahasanya susah dimengerti. banyaknya contoh aplikatif yang diberikan penulis dalam buku ini membuat pembaca khususnya para guru bisa langsung dipraktekan.  Sehingga menjadi inspirasi guru dengan tidak menjadi guru yang asal ngajar, tetapi menjadi guru yang dinanti tiap pagi oleh siswanya.

Sinopsis. Pada bab pertama penulis memotivasi pembaca bahwa menjadi guru itu akan memiliki kebahagiaan tersendiri. Apalagi ketika menjadi guru yang  mengerti dan peduli pada kondisi siswanya, tahu bagaimana membuat kelas yang nyaman untuk siswanya, guru yang sadar akan kebutuhan siswanya, maka  jangan kaget ketika siswa mengatakan guruku pahlawanku, sekolahku surgaku. Pada bab dua, penulis mengupas Pembelajaran Mega Super yang menjelaskan tentang guru yang harus mengerti cara belajar siswanya. Penulis mengungkapkan brbagai tipe belajar siswa, baik secara auditori, visual, dan kinestetik., dan modalitas dalam belajar siswa , termasuk MI (multiple Intelegensia) serta memberikan tips bagaimana seharusnya guru mengajar sesuai dengan tipe-tipe belajar yang dimiliki siswanya. Bab tiga membahas tentang metode dan model pembelajarand dan beberapa contoh model RPP yang bisa diterapkan sesuai dnegan model-model pembelajaran yang ada. Bab empat menampilkan penilaian kelas yang berorientasi proses. Pada bab ini juga penulis memulai dengan teori penilaian (assesmen). Kemudian tulisan berlajut dengan pemberian contoh rubrik  penilaian. Bagian lima mengupas Lesson Plan atau RPP yang memang sangat penting bagi guru. Ibaratnya RPP adalah peta bagi seorang nakhoda  yang akan berlayar. Selain membuat penyadaran tentang pentingnya RPP, penulis juga banyak membrikan contoh-contoh RPP yang dibuat terutama pengalaman  penulis saat mengajar. Bagian enam berisi contoh pembelajaran yang inovatif yang sangat bermanfaat bagi guru.

Kelebihan : buku ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis sebagai seorang guru, sehingga tips dan trik atau pun contoh-contoh yang diberikan sangat aplikatif dan bisa langsung dipraktekan oleh  guru.  Kelemahan : Kekurangan dari buku ini sebenarnya tidak saya  temukan. Hanya saja banyaknya kesalahan penulisan kata  yang terdapat hampir di semua halaman sangat mengganggu saat membaca. Sehingga masukan saya, editor lebih teliti lagi saat mengedit buku ini sehingga tidak ada lagi ditemukan kesalah penulisan/ pengetikan kata. (LN)







Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Bang Syaiha
AUTHOR
10 Januari 2016 pukul 20.59 delete

Wah, blognya banyak resensi buku. Sebuah pertanda bahwa si empunya doyan baca dan punya banyak koleksi buku kayaknya...

Reply
avatar