![]() |
sumber:Gavamedia.net |
Data Buku
Judul buku : Bukan Guru Asal Ngajar
!
Penulis :
Eko Nurhaji Purnomo
Penerbit :
Gava media
Cetakan :
Pertama
Tahun terbit : 2012
Jumlah Halaman : viii + 288 Halaman
Buku ini sangat menginspirasi dan patut
dibaca oleh para guru. Saya paling suka
membaca bagian terakhir yang berisi kegiatan pembelajaran yang inovatif. Buku
ini tidak terlalu tebal sehingga bisa cepat dibaca sampai habis.
Buku ini bisa dikatakan sebagai resume buku
teori pembelajaran dari berbagai buku, tetapi penulis mengemasnya dengan bahasa
yang berbeda dan lebih terasa ringan daripada pembaca harus membaca buku teori
pembelajaran yang biasanya lumayan tebal dan bahasanya susah dimengerti.
banyaknya contoh aplikatif yang diberikan penulis dalam buku ini membuat
pembaca khususnya para guru bisa langsung dipraktekan. Sehingga menjadi inspirasi guru dengan tidak
menjadi guru yang asal ngajar, tetapi menjadi guru yang dinanti tiap pagi oleh
siswanya.
Sinopsis.
Pada
bab pertama penulis memotivasi pembaca bahwa menjadi guru itu akan memiliki
kebahagiaan tersendiri. Apalagi ketika menjadi guru yang mengerti dan peduli pada kondisi siswanya,
tahu bagaimana membuat kelas yang nyaman untuk siswanya, guru yang sadar akan
kebutuhan siswanya, maka jangan kaget
ketika siswa mengatakan guruku pahlawanku, sekolahku surgaku. Pada bab dua,
penulis mengupas Pembelajaran Mega Super yang menjelaskan tentang guru yang
harus mengerti cara belajar siswanya. Penulis mengungkapkan brbagai tipe
belajar siswa, baik secara auditori, visual, dan kinestetik., dan modalitas
dalam belajar siswa , termasuk MI (multiple Intelegensia) serta memberikan tips
bagaimana seharusnya guru mengajar sesuai dengan tipe-tipe belajar yang
dimiliki siswanya. Bab tiga membahas tentang metode dan model pembelajarand dan
beberapa contoh model RPP yang bisa diterapkan sesuai dnegan model-model
pembelajaran yang ada. Bab empat menampilkan penilaian kelas yang berorientasi
proses. Pada bab ini juga penulis memulai dengan teori penilaian (assesmen).
Kemudian tulisan berlajut dengan pemberian contoh rubrik penilaian. Bagian lima mengupas Lesson Plan atau RPP yang memang sangat
penting bagi guru. Ibaratnya RPP adalah peta bagi seorang nakhoda yang akan berlayar. Selain membuat penyadaran
tentang pentingnya RPP, penulis juga banyak membrikan contoh-contoh RPP yang
dibuat terutama pengalaman penulis saat
mengajar. Bagian enam berisi contoh pembelajaran yang inovatif yang sangat
bermanfaat bagi guru.
Kelebihan
: buku ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis sebagai seorang guru,
sehingga tips dan trik atau pun contoh-contoh yang diberikan sangat aplikatif
dan bisa langsung dipraktekan oleh guru. Kelemahan
: Kekurangan dari buku ini sebenarnya tidak saya temukan. Hanya saja banyaknya kesalahan
penulisan kata yang terdapat hampir di
semua halaman sangat mengganggu saat membaca. Sehingga masukan saya, editor
lebih teliti lagi saat mengedit buku ini sehingga tidak ada lagi ditemukan
kesalah penulisan/ pengetikan kata. (LN)
Sign up here with your email
1 komentar:
Write komentarWah, blognya banyak resensi buku. Sebuah pertanda bahwa si empunya doyan baca dan punya banyak koleksi buku kayaknya...
ReplyConversionConversion EmoticonEmoticon